Tentang Kami
Indowarung merupakan jaringan warung kelontong, minimarket dan depo grosir yang beroperasi di wilayah kota-kota sekunder dan pedesaan dengan layanan yang berbasis tehnologi digital dan ekonomi kerakyatan.
Bagaimana Kami Memulai
Bisnis ritel ini dirintis pada tahun 2002 dalam bentuk minimarket dengan ukuran 58m² di Yogyakarta dengan gerai pertama perusahaan berada di Kabupaten Sleman, yang pada saat itu dikemas dengan nama Indoasri, dengan tujuan usaha menyediakan barang kebutuhan sehari-hari bagi warga sekitar perumahan.
Berawal dari rasa keprihatinan melihat kondisi warung kelontong tradisional yang semakin terpinggirkan, maka pada tahun 2006 berdirilah Indowarung dengan format toko ritel minimarket dan grosir kelilingan untuk membantu warung-warung kelontong dalam memperoleh kebutuhan suplai barang dagangan yang lengkap dengan harga yang kompetitif, sehingga warung kelontong dapat memperoleh marjin keuntungan yang diinginkan dan mampu bertahan dalam persaingan dengan toko-toko ritel modern.
Indowarung membuka toko grosir pertamanya di Kabupaten Bantul dan berkembang dari usaha toko kelontong menjadi bisnis pengoperasian minimarket dan depo grosir. Sejak saat itu, Indowarung tumbuh dan berkembang dengan seluruh ekosistem rantai pasokan produk konsumsi sehari-hari (FMCG) mulai dari konsumen, warung pengecer kecil, pemasok, distributor hingga prinsipal yang ada di Indonesia.
Disamping penyediaan produk FMCG, Indowarung juga ikut serta dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM melalui Program Kemitraan Sahabat UMKM yang memberikan kesempatan produsen rumahan (home industry) untuk memasarkan produknya di minimarket dan warung kelontong mitra Indowarung, agar pelaku UMKM dapat memiliki akses ke pasar potensial yang lebih besar dan meningkatkan omzet penjualannya.
Mari Tumbuh Bersama
Dalam kurun waktu 20 (dua puluh) tahun, Indowarung tumbuh menjadi jaringan ritel dengan 2 (dua) toko grosir besar atau Depo yang melayani lebih dari 6000 (enam ribu) warung tradisional dan 5 (lima) toko satelit dan 7 (tujuh) toko kemitraan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Seiring dengan perkembangan tehnologi dan tren bisnis digital yang terjadi saat ini, kami memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan aplikasi penjualan online sebagai bagian dari solusi untuk beradaptasi dengan tehnologi dan membantu warung kelontong untuk ikut bertransformasi digital, yang awalnya berdagang secara tradisional menjadi warung modern yang menggunakan sistem penjualan online terintegrasi dengan fitur yang canggih.
Berbekal pengalaman yang kami miliki dan pemahaman tentang seluk beluk bisnis ritel serta dukungan tehnologi digital dalam pengelolaan warung, minimarket dan depo grosir, Indowarung akan terus tumbuh berkelanjutan bersama warung tradisional dan akan mempeluas jaringan Distribution Centre (DEPO) di beberapa kota / kabupaten di seluruh Indonesia agar kami dapat lebih banyak lagi melayani warung-warung tradisional yang ada di seluruh pelosok negerI.
Bagaimana Kami Berkembang
Kami selalu berupaya membangun sinergitas dengan seluruh pelaku usaha dalam ekosistem ritel ini untuk mendukung pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia.
Pemberdayaan Warung Kelontong sebagai Sumber Ekonomi Rakyat.
Digitalisasi dan Efisiensi Model Distribusi untuk Warung Kelontong Se-Indonesia.
Jualan Dimudahkan.
Menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan serta bekerjasama untuk memajukan Warung Tradisional Rakyat demi Indonesia yang makmur dan sejahtera.
PT. WARUNG KELONTONG DIGITAL INDONESIA
Jalan Wonosari Km 27 Bunder, Patuk, Gunung KidulĀ D. I. Yogyakarta, 55862.
